Proses Bisnis Enabler 1: Aliran kerja

Manajemen Operasi

Mari kita coba lihat satu demi satu elemen yang membuat proses bisnis dapat berjalan dengan baik. Yang pertama adalah adanya aliran kerja (work flow). Aliran kerja berisi urutan aktivitas yang harus dilaksanakan untuk memenuhi target suatu proses. Aliran kerja ini dapat dideskripsikan dalam bentuk tulisan atau dapat juga digambarkan dalam bentuk diagram. Kita mengenal berbagai macam bentuk diagram, yang paling populer adalah diagram alir (flow chart). Di samping itu ada juga peta proses operasi (OPC-operation process chart), Peta tangan kiri tangan kanan, WBS (Work Breakdown Structure) dan diagram lainnya.

Terlepas dari bagaimana kita mendeskripsikan atau memvisualisasikan aktivitas atau prosesnya, aliran kerja paling tidak harus mengandung:

  • Nama aktivitas yang biasa dinyatakan dengan kata kerja.
  • Urutan aktivitasnya yang pada umumnya dinyatakan secara serial atau pun paralel. Mungkin juga suatu aktivitas dilakukan di saat aktivitas lain sudah dimulai.

Untuk keperluan analisis, kita dapat menambahkan informasi seperti :

  • Durasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aktivitas tersebut.
  • Biaya yang dikeluarkan.
  • Siapa yang melaksanakannya.

Jika menggunakan deskripsi secara tertulis, maka aliran kerja harus mencantumkan aktivitas mana yang menjadi pendahulu (predecessor) atau pengikut (successor) di samping nama aktivitasnya. Jika menggunakan diagram, urutan aktivitas dapat dilihat dengan mudah.

By. Dr. Mursyid Hasan Basri


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>